Tuesday, September 4, 2012

RUANG RAKSASA DALAM ATOM


Udara, air, gunung, binatang, tumbuhan tubuh anda, kursi yang anda duduki, singkatnya segala apa yang anda saksikan, sentuh dan rasakan, dari yang paling berat ke yang paling ringan tersusun atas atom-atom. Setiap halaman yang anda baca tersusun atas milyaran atom. Atom adalah partikel yang sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop yang paling hebat sekalipun. Diameter atom hanyalah berkisar seper satu juta milimeter.
 TIDAKLAH MUNGKIN BAGI SESEORANG UNTUK MELIHAT BENDA    SEKECIL INI
Di bawah ini dipaparkan sebuah contoh untuk memahami dimensi atom
             Anggaplah bahwa anda memegang sebuah kunci ditangan. Sudah pasti, mustahil bagi anda untuk melihat atom-atom pada kunci tersebut. Jika anda bersikeras untuk melihat atom penyusun kunci tersebut, maka anda harus memperbesar kunci menjadi seukuran bumi. Jika anda telah berhasil melakukan pembesaran ini, maka atom-atom yang menyusun kunci tersebut akan terlihat berukuran sebesar buah kelengkeng
 Dibawah ini ada satu contoh lagi agar kita dapat memahami betapa kecilnya atom, dan bagaimana atom memenuhi segala tempat dan ruang yang ada.
Anggaplah kita ingin menghitung semua atom yang ada dalam sebutir  garam dan anggaplah kita mampu menghitung satu milyar atom per detik. Walaupun kita sangat terampil dalam menghitung, kita akan memerlukan lebih dari 500 tahun untuk menghitung jumlah keseluruhan atom yang menyusun sebutir garam yang sangat kecil ini. Subhanallaah…. Ini baru sebutir garam, bagaimana dengan jumlah atom yang menyusun alam semesta dan seisinya ????
Walaupun ukurannya yang teramat mungil, terdapat sebuah susunan yang sempurna, tanpa cacat, unik dan kompleks dalam atom tersebut yang kecanggihannya dapat disejajarkan dengan system yang kita lihat ada pada jagad raya.
Setiap atom tersusun atas sebuah inti dan sejumlah electron yang bergerak mengikuti kulit orbital pada jarak yang sangat jauh dari inti. Di dalam inti terdapat partikel lain  yang disebut proton dan neutro

No comments:

Post a Comment

Web hosting

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls