Sunday, May 20, 2012

1. Kesimpulan Polimer

  1. Polimer adalah makromolekul yang tersusun dari monomermonomer.

  2. Reaksi pembentukan polimer dinamakan polimerisasi. Ada dua jenis polimerisasi yaitu polimerisasi adisi dan polimerisasi kondensasi.

  3. Polimerisasi adisi adalah reaksi pembentukan polimer dari monomer yang berikatan rangkap atau berikatan tak jenuh. Monomer tersebut membuka ikatan rangkapnya lalu berikatan dengan monomer lain sehingga menghasilkan polimer yang berikatan tunggal.

  4. Polimerisasi kondensasi adalah reaksi pembentukan polimer dari monomer-monomer yang mempunyai dus gugus fungsi. Pada reaksi tersebut akan dihasilkan molekul kecil seperti air atau alkohol.

  5. Penggolongan polimer berdasarkan asalnya, yaitu :          a. polimer alam, contohnya karet alam, sutera dan wol. b. polimer sintetis, contohnya plastik, nilon dan teflon.

  6. Penggolongan polimer berdasarkan jenis monomernya, yaitu   :                                                                                                     a. homopolimer adalah polimer yang monomernya sejenis.                                                                                       b.kopolimer adalah polimer yang monomernya sejenis.

  7. Penggolongan polimer berdasarkan sifatnya terhadap panas, yaitu :                                                                                     a. polimer termoplas adalah polimer yang tidak tahan panas.                                                                                                    b.polimer termosetting adalah polimer yang tahanpanas.

  8. Beberapa polimer penting, yaitu polietena, polipropena, polivinil klorida (PVC), teflon, polistirena, polivinil alkohol, dakron, nilon 66, bakelit, flexiglass, orlon dan karet alam.

No comments:

Post a Comment

Web hosting

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls